Menilik lebih dalam tentang glaukoma

Menilik lebih dalam tentang glaukoma,- Meskipun jarang diketahui, hari glaukoma sedunia diperingati pada tanggal 12 Maret. Momen ini dapat kita manfaatkan untuk menilik lebih dalam mengenai glaukoma yang merupakan salah satu penyakit yang menyerang mata. Penyakit ini bahkan dapat merenggut terangnya dunia dari mata.

Apakah glaukoma itu?

glaukoma sebenarnya merupakan istilah umum yang mencakup beberapa penyakit mata yang berbeda dan merusak saraf optik mata. Ini merupakan saraf yang menyalurkan informasi visual dari retina ke otak.

Kerusakan saraf optik dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan dan bahkan kebutaan permanen jika tak diobati. Glaukoma open-angle adalah jenis glaukoma yang paling umum. Glaukoma jenis ini biasanya disebabkan oleh tekanan cairan mata yang menumpuk di ruang anterior mata.

Siapakah yang bisa terserang glaukoma?

Siapapun bisa saja terserang glaukoma, terutama orang-orang yang berusia di atas 60 tahun dan memiliki riwayat keluarga glaukoma. Tak hanya itu, orang-orang yang mengidap diabetes berisiko tinggi mengalami glaukoma.

bagaimana cara mencegah glaukoma?

Kabar buruknya, hingga kini masih ada belum ada obat untuk mengobati penyakit ini. Untungnya kehilangan penglihatan atau kebutaan karena glaukoma dapat dicegah selama mendapatkan pengobatan dini.

Nah, untuk dapat melakukan diagnosis sejak dini, penting bagi kita untuk melakukan pencegahan sejak dini. Untuk lebih mudahnya, berkit merupakan beberapa tips pencegahan yang bisa kamu lakukan.

Mengurangi silau layar
Bagi kamu yang sering menatap layar komputer sepanjang hari, maka penting bagi kamu untuk menghindari ketegangan mata. Caranya, gunakan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit menatap layar, istirahatkan mata dengan menatap sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Olahraga
Secara umum olahraga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dalam hal ini, aerobik memainkan peranan untuk mengurangi tekanan pada mata. Beberapa latihan tertentu seperti angkat berat dan beberapa posisi yoga diyakini dapat mencegah dan mengobati glaukoma.

Menggunakan kacamata hitam penolak UV
Cara lain dan sederhana yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari paparan sinar Ultraviolet (UV).

Memeriksakan mata secara teratur
pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendapatkan pemeriksaan mata secara teratur. Khusus bagi kamu yang berusia di bawah 40 tahun, kamu bisa melakukan pemeriksaan setiap 2-4 tahun sekali. Jika kamu berada di atas usia tersebut, disarankan untuk melakukan pemeriksaan setiap 1-2 tahun sekali.

Mengonsumsi sayuran hijau
Untuk pencegahan melalui makanan, kamu bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau 1,5 porsi setiap hari. Mengingat obesitas dan diabetes berkontribusi besar dalam memicu glaukoma, maka akan sangat baik jika kamu tetap menjaga berat badan.

Posted by : obatglaukoma.aldotter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *